definisi actuating dan pentingnya actuating

Definisi Actuating

Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapaisasaran yang sesuai dengan perencanaan manejerial dan usaha-usaha organisasi. artinya menggerakkan orang-orang agarmau bekerja dengan sendirinya atau dengan kesadaran secarabersama-sama untuk mencapai tujuan dikehendaki secara efektif.

Pentingnya Actuating

            Fungsi actuating lebih menekankan pada kegiatan yang berhubungan langsung dengan orang-orang dalam organisasi. Perencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan penggerakan seluruh potensi sumber daya manusia dan nonmanusia pada pelaksanaan tugas. Semua sumber daya manusia yang ada harus dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi. Setiap SDM harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi masing-masing SDM untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi yang telah ditetapkan, dapat mempengaruhi orang-orang agar bersedia menjadi pengikut, menaklukan daya tolak seseorang dan membuat orang dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dan mandiri.

Contoh kasus

Di Gugus Depan X, Pradana (ketua dewan ambalan) memerintahkan anggotanya untuk menaikkan barang-barang perlengkapan kemah ke atas truk. Anggotanya terlihat enggan melakukan perintahnya dan menanggapi dengan acuh tak acuh.

Salah seorang anggota dewan ambalan yang cukup disegani berdiri dan berteriak, “Semangat kawan-kawan, mari kita kerjakan!” Karena ajakannya, semuanya jadi bergairah dan mulai bekerja menaikkan barang-barang.

Analisis:

Menurut contoh kasus tersebut, Pradana sebagai ketua dewan ambalan telah memberikan perintah kepada anggotanya. Hal ini menunjukan bahwa Pradana melakukan tugasnya sebagai seorang pemimpin dengan memberikan intruksi kepada anggota. Tindakan actuating yang ada pada kasus ini sebagaimana dilakukan oleh salah satu anggota dewan ambalan yang disegani dalam organisasi tersebut.

Sumber :

Ramli, Rusli & Warsidi, 2005Adi, Pengantar Manajemen. Penerbit UT

http://books.google.co.id/books?id=rGm-IHwZG0sC&pg=PA77&lpg=PA77&dq=definisi+actuating&source=bl&ots=qrQ96GY4PT&sig=ntZ4fQz3fqbDdSfY_Zhi9DxnvhA&hl=en&sa=X&ei=SttjUt_zKonGrAfRxoD4AQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

http://simplescouting.wordpress.com/2011/07/29/leadership/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s