definisi perencanaan dan langkah-langkah dalam menyusun perencanaan

Perencanaan (planning)

Perencanaan merupakan penentuan dari apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Maksudnya seorang manajerial harus selalu mencari sumber potensial yang menghasilkan keuntungan dan merencanakan bagaimana cara untuk merealisasikannya.sehingga seoranga manajerial harus mempunyai pengetahuan mengenai banyak kesempatan-kesempatan yang timbul dan harus mempunyai kemampuan untuk menciptakan dan mengembangkannya.

Perencanaan dapat dibagi menjadi 2 macam perencanaan yaitu :

  • Perencanaan jangka panjang adalah suatu perencanaan untuk jangka waktu yang lama, yakni lebih dari 1 tahun atau bahkan lebih dari lima atau sepuluh tahun. Misalnya untuk mendapatkan kedudukan yang dikehendaki pada sebuah pasar tertentu. Perluasan pabrik dalam 4 tahun yang akan datang, pembangunan pabrik baru dalam 5 tahun yang akan datang dan sebagainya.
  • Perencanaan jangka pendek merupakan perencanaan dalam waktu yang singkat, yakni 1 hari, 1 bulan, 1 tahun atau 2 tahun.pada prakteknya batasan maksimum 3 tahun. Makin singkat waktu perencaan yang diperlukan, maka rencana-rencananya harus makin spesifik.

      Langkah-langkah dalam Menyusun Perencanaan

  1. 1.   Tentukan Target

Tentukan tujuan dari keseluruhan pekerjaan yang akan dilakukan. Anda dapat menuliskannya di komputer atau buku catatan secara terperinci, dengan begitu akan menjadi lebih terorganisir dan rapi. Misalnya, Anda akan melakukan pekerjaan seperti membuat suatu acara, tuliskan terlebih dahulu acara seperti apa yang akan Anda buat. Sehingga nantinya pada saat rapat, tim kerja lainnya dapat membantu Anda untuk menuangkan ide sesuai keinginan.

  1. Memilih Pemimpin Tim Kerja yang Tepat

Terkadang keputusan dari pemimpin tim kerja tidak dapat dibantah. Hal ini dapat mempersulit Anda dan tim kerja lainnya mencapai tujuan dari rencana kerja yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, jangan sampai Anda dan tim kerja salah memilih pemimpin.

  1. Tentukan Tugas, Anggaran dan Waktu

Dalam membuat perencanaan kerja, Anda harus menentukan langkah demi langkah dan tugas apa saja yang harus dilakukan dan diselesaikan. Tentukan pula berapa anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rencana kerja Anda. Perkirakan juga waktu untuk setiap tugasnya agar dapat menjadi acuan untuk dapat diselesaikan dengan cepat.

  1. Atur Secara Logis

Aturlah tugas untuk masing-masing orang dalam satu tim kerja secara logis. Fokuskan setiap tugas pada orang yang mampu dan memang cocok dengan jenis pekerjaan yang diberikan. Setelah masing-masing sudah mendapatkan tugasnya, hasil dari perencanaan kerja yang sudah dibuat pasti akan terlaksana sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Contoh kasus

Pada zaman yang semakin modern seperti saat ini banyak perusahaan yang menawarkan untuk menanam saham atau investasi dengan cara kerja sama dengan perusahaan yang lain, agar usaha diantara kedua perusahaan tersebut bisa berjalan dengan lancar, harus mempunyai perencanaan (planning) dari kedua perusahaan agar bisa mendapatkan sama-sama keuntungan yang di harapkan, dan menghindari dari kerugian.

Dengan cara menentukkan target nya agar bisa sesuai dengan tujuan yang diharapkan dari masing-masing perusahaan, lalu bisa memilih pemimpin yang tepat dalam melakukan kerjasama yang baik, tentukan tugas dan waktu yang telah disepakati, Fokuskan setiap tugas pada orang yang mampu dan memang cocok dengan jenis pekerjaan yang diberikan. Setelah masing-masing sudah mendapatkan tugasnya, hasil dari perencanaan kerja yang sudah dibuat pasti akan terlaksana sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Sumber :

Hari Purnomo, Setiawan, Zulkieflimansyah. (1996). Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar. Universitas Indonesia, Jakarta.

M.A. Mukhyi, 1995. Pengantar Manajemen Umum. Universitas Gunadarma, Jakarta.

http://books.google.co.id/books?id=BYGgeTGg43sC&pg=PA162&dq=perencanaan+psikologi+manajemen&hl=id&sa=X&ei=3ZQ2VJ6SDNSMuASb0YLgCw&redir_esc=y#v=onepage&q=perencanaan%20psikologi%20manajemen&f=fals

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s