pengertian psikologi manajemen dan kepemiminan

Pengertian psikologi manajemen

Manajemen sebagai suatu ilmu perilaku yang mencakup aspek sosial dan tidak terlepas dari tanggung jawab, proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya.

Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.
Kaitannya dengan psikologi:
Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun. Pasalnya, ilmu psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.

Pengertian kepemimpinan

Kepemimpianan adalah suatu proses mengenai pengarahan dan usaha untuk mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok. Suatu kekuatan yang menggerakkan perjuangan atau kegiatan menuju sukses, kepemimpinan sebagai bentuk seni yang unik yang membutuhkan kekuatan dan visi pada tingkat yang luar biasa kepemimpinan mempunyai kedudukan strategis karena kepemimpinan merupakan titik sentral dan dinamisator seluruh proses kegiatan organisasi . sehingga kepemimpinan mempunyai peranan sentral di dalam menentukan dinamikanya sumber-sumber yang ada.

Contoh kasus

Pak Ali seorang karyawan yang berkerja dalam sebuah perusahaan, dan di wajibkan setiap karyawan tersebut memiliki asuransi, baik yang diberikan oleh perusahaan tersebut atau bisa mendaftar asuransi di luar dari perusahaan tersebut. Asuransi bagi karyawan juga bisa untuk keluarga nya seperti istri dan anak-ankanya bisa mendaftar di asuransi yang di berikan oleh perusahaan tersebut. Pak Ali menggunakan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan nya tersebut ia juga mendaftarkan untuk anak dan istrinya . jabatan nya karyawan ini sebagai seorang pimpinan cabang. Dalam asuransi nya bukan hanya asuransi kesehatan ada asuransi keselamatan kerja juga. Dan pak Ali menganjurkan asuransi untuk karyawan-karyawan nya tersebut salah satu nya asuransi keselamatan kerja, persiapan untuk pensiun dini. Jadi karyawan nya bisa bekerja dengan tenang karna sudah ada asuransi yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Analisis kasus

Dengan adanya kerja sama asuransi dengan perusahaan pak Ali bisa lebih memudahkan bagi karyawan-karyawannya tersebut, bukan hanya itu saja dengan adanya asuransi kayawan akan menjadi lebih termotivasi dan bisa lebih tenang dalam melakukan pekerjaannya. Pak Ali sebagai pimpinan cabang dapat bekerja dengan tenang dan nyaman karna adanya asuransi untuk perusahaan nya, bagi karyawannya juga .

Sumber:

http://vitvitri.wordpress.com/2012/12/25/psikologi-dan-penerapannya-dalam-kepemimpinan/

http://choirunnisawijayanti.blogspot.com/2013/10/psikologi-manajemen.html

– Dr. Bennett N.B. Silalahi,MA & Rumondang B. Silalahi MPH.1995. manajemen keselamatan & kesehatan kerja.Jakarta

– Prof.Dr.J. Salusu,M.A. pengambilan keputusan stratejik untuk organisasi public dan organisasi non profit

– Drs. Husein Umar,SE. M.M, MBA.2000. Business An Introduction. Jakarta

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s