Komunitas Online

komunitas online

Komunitas Online adalah kumpulan pengguna internet yang membentuk satu wadah karena memiliki persamaan tujuan, hobby, aktivitas, atau lainnya. Anda dapat membangun komunitas online dengan membuat group ataupun mailing list (millist) kemudian mengajak teman, saudara, atau siapa saja untuk bergabung dalam komunitas online yang anda buat. Namun anda dapat lebih mudah jika langsung bergabung dengan komunitas online yang telah ada.

Dengan adanya komunitas online maka anda dapat memasarkan produk bisnis yang dimiliki ke anggota komunitas online lainnya, tentu saja pengiklanan ini harus satu arah dengan tujuan komunitas online tersebut dibentuk jangan sampai nanti anda dikeluarkan oleh pemilik groups karena kesalahan anda tersebut.

Komunitas Online- Peranannya Dalam Masyarakat

Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi(TIK) di Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa seiring kemajuan pesat teknologi itu sendiri. Pengguna sosial media seperti Facebook,Twitter,Blog,You Tube,Koprol,Kaskus,MIG33 meningkat tajam di Indonesia. Data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta orang,sedang pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli 2010,bahkan pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia (2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman. Dari interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media,terciptalah beragam komunitas online.

Berbicara tentang komunitas,ada baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu. Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari anggotanya(misal: Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama(misal: Komunitas Asep), kesamaan hobby(misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia), kesamaan menggunakan produk tertentu(misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga(misal : komunitas MU Mania,Jak Mania),kesamaan menggunakan platform online tertentu(misal: Komunitas Blogger,Tweeps,Facebooker).

Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati. Beberapa contoh kegiatan rutin komunitas:Komunitas Parkour Jakarta rutin melakukan latihan fisik di Senayan setiap weekend, Komunitas Sepeda Onthel rutin ngumpul dan bersepeda ria saat Car Free day, Komunitas B-H-I rutin nongkrong bareng Jumat malam di seputar Bunderan HI. Tentunya orang-orang yang bergabung dalam sebuah komunitas melakukan satu kegiatan bersama dalam suasana bersahabat dan menyenangkan..

KOMUNITAS ONLINE dan KEUNIKANNYA

Komunitas online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri. Dibilang unik karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Onliner New York,Denpasar,Palu,Jakarta,Seoul,Semarang,Surabaya,Bandung yang bergabung dalam sebuah komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui internet (contoh: Kampanye anti Global Warming,kampanye dukung Pulau Komodo,kampanye gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol jika belum berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulkan ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap komunitasnya.

Banyak sekali jenis-jenis komunitas online yang dapat kita kunjungi. Berikut jenis-jenis komunitas online yang bisa kita lihat di http://www.forumid.net/id/tag/jenis/komunitas/online

 

Ada juga dampak positif dan negatif bagi komunitas online.

Dampak positif yang kita ketahui antara lain misalnya :

1.    Fenomena Sinta dan Jojo yang muncul di youtube hanya sekedar lipsing lagu. Akhirnya menjadi terkenal.

2.    Lalu seorang polisi Briptu Norman dengan iseng menirukan syahru khan yang akhirnya bisa menjadi terkenal.

3.    Bisnis online.

4.    Manfaat jejaring sosial yang bisa mempertemukan banyak kawan lama.

5.    Dll.

Disamping dampak positif tentu juga muncul dampak negatif, diantaranya :

1.    Pornografi.

2.    Perdagangan atau penculikan anak.

3.    Pencurian kartu kredit.

4.    Kejahatan pencurian data.

5.    Dll.

yang patut menjadi perhatian kita sekarang adalah mengarahkan kepada hal yang tepat, terutama bagi generasi muda. Bisa dibayangkan jika anak SD sudah diberi tugas untuk ke warnet oleh gurunya untuk mencari informasi. Kemudian dia pergi tanpa pendampingan orang tua? apakah kita bisa mengontrol, apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka lihat? Selain itu muncul pula modus2 penipuan via internet. Ada juga promosi-promosi yang berlebihan untuk menjadika hidup seseorang cepat sukses, dll.

Ada juga beberapa manfaat dari komunitas online, yaitu :

1.    Promosi blog

2.    Tukeran link

3.    Menawarkan peluang affiliasi atau joint venture

4.    Saling bertukar peran menjadi guest blogger

5.    Meminta review terhadap blog yang kita miliki

6.    Tukeran ebook

7.    Sharing informasi

8.    Jual beli artikel

9.    Jual beli blog

 

dari 9 keuntungan berkomunitas secara online, maka anda akan mampu memaksimalkan penghasilan online anda. Tanpa sebuah komunitas maka anda akan menghadapi semua masalah dalam membangun bisnis online secara sendirian.

Anggota dari komunitas online memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing individu, jika kita dapat bekerjasama dengan anggota komunitas online maka kekurangan kita dapat tertutupi.

Meskipun dunia maya adalah dunia bebas dimana kita dapat menjadi siapapun tetapi ada satu batas yang tidak boleh kita langgar, SPAM, SCAM, PENIPUAN, SARA atau berbagai bentuk perilaku negative lainnya, maka kita akan memetik imbasnya, jika kita melakukan beberapa hal yang kurang pantas maka kita akan mendapat bad reputation yang dapat berdampak secara offline.

Manfaatkan dan maksimalkan fungsi dari komunitas online maka anda akan menemukan banyak hal yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis online anda. Selamat berjuang sobat dan teruslah berbisnis online.

 

http://dayabisnis-online.blogspot.com/2009/02/bergabung-dengan-komunitas-online.html

http://yoszuaccalytt.blogdetik.com/2011/03/04/komunitas-online-peranannya-dalam-masyarakat/

http://rizkacil.wordpress.com/2012/10/22/komunitas-online-polarisasi-kelompok-kelompok-kerja-virtual/

http://alfinazrialdy.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html

http://dedeh89-psikologi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s