ilmu alamiah dan teknologi masa depan sehubungan dengan kelangsungan hidup manusia

Ilmu Alamiah dan Teknologi Masa Depan Sehubungan dengan Kelangsungan Hidup Manusia
A.Pencarian sumber daya alam nonkonvensional
Pencarian sumber daya alam nonkonvensional yang hangat pada saat ini ialah pemanfaatan energi matahari,energi panas,energi angin,dan energi biogas.
Pemilihan sumber energi tersebut tentu saja alasan yang kuat,yaitu dapat digunakan dalam skala besar serta agar dapat mengganti minyak bumi dan batu bara.sumber energi yang dipakai itu tidak boleh menghasilkan polutan yang banyak ,bahkan bila mungkin tidak menghasilkan polutan.
1.Energi Matahari
Energi matahari merupakan energi yang utama bagi kehidupan di bumi ini. Berbagai jenis energi,baik yang terbarukan maupun tak-terbarukan merupakan bentuk turunan dari energi ini baik secara langsung maupun tidak langsung.
Berikut ini adalah beberapa bentuk energi yang merupakan turunan dari energi matahari misalnya:
·         Energi angin yang timbul akibat adanya perbedaan suhu dan tekanan satu tempat dengan tempat lain sebagai efek energi panas matahari.
·         Energi air karena adanya siklus hidrologi akibat dari energi panas matahari yang mengenai bumi.
·         Energi biomassa karena adanya fotositensis dari tumbuhan yang notabene menggunakan energi matahari.
·         Energi gelombang laut yang muncul akibat energi angin.
·         Energi fosil yang merupakan bentuk lain dari energi biomassa yang telah mengalami proses selama berjuta-juta tahun.
Selain itu energi panas matahari juga berperan penting dalam menjaga kehidupan di bumi ini. Tanpa adanya energi panas dari matahari maka seluruh kehidupan di muka bumi ini pasti akan musnah karena permukaan bumi akan sangat dingin dan tidak ada makhluk yang sanggup hidup di bumi.
Energi Panas Matahari sebagai Energi Alternatif 
Energi panas matahari merupakan salah satu energi yang potensial untuk dikelola dan dikembangkan lebih lanjut sebagai sumber cadangan energi terutama bagi negara-negara yang terletak di khatulistiwa termasuk indonesia, dimana matahari bersinar sepanjang tahun. Dapat dilihat dari gambar di atas bahwa energi matahari yang tersedia adalah sebesar 81.000  Terra Watt sedangkan yang dimanfaatkan masih sangat sedikit.
Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu :
1.      Pemanasan ruangan
2.      Penerangan ruangan
3.      Kompor matahari
4.      Pengeringan hasil pertanian
5.      Distilasi air kotor
6.      Pemanasan air
7.      Pembangkitan listrik
2.Energi panas bumi
Energi panas bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. Energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air). Sejak peradaban Romawi, namun sekarang lebih populer untuk menghasilkan energi listrik. Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007,dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia.
Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, namun terbatas hanya pada dekat area perbatasan lapisan tektonik.
Pangeran Piero Ginori Conti mencoba generator panas bumi pertama 4 july 1904 di area panas bumi Larderello di Italia. Grup area sumber panas bumi tersebut di dunia, disebut The Geyser, berada di California,Amerika Serikat. Pada tahun 2004 ,lima negara (El Salvodor,Kenya,Filipina,Islandia,dan Kostarika) telah menggunakan panas bumi untuk menghasilkan lebih dari 15% kebutuhan listriknya.
Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun di sekitar lempeng tektonik di mana temperatur tinggi dari sumber panas bumi tersedia di dekat permukaan. Pengembangan dan penyempurnaan dalam teknologi pengeboran dan ekstraksi telah memperluas jangkauan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi dari lempeng tektonik terdekat. Efisiensi termal dari pembangkit listrik tenaga panas bumi cenderung rendah karena fluida panas bumi berada pada tempertur yang lebih rendah dibandingkian dengan uap atau air mendidih. Berdasarkan hukum termodinamika, rendahnya temperatur membatasi efisiensi dari mesin kalor dalam mengambil energi selama menghasilkan listrik. Sisa panas terbuang, kecuali jika bisa dimanfaatkan secara lokal dan langsung, misalnya untuknpemanas ruangan. Efisiensi sistem tidak mempengaruhi biaya lokal operasional seperti pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil.
3.Energi angin
Udara yang bergerak disebut angin dan dapat terjadi perbedaan tekanan disuatu tempat dengan tempat yang lain.
Orang dahulu sebenarnya telah menggunakan energi angin itu, misalnya untuk menggerakan perahu layar sehingga terjadilah penjelajahan laut dari satu negara ke negara lain. Bangsa belanda dulu terkenal dengan penggunaan kinjcir-kincir angin untuk menggerakanh pompa-pompa air guna mendapatkan air bersih di beberapa kampung.
Energi angin dapat dimanfaatkan untuk diubah menjadi tangkap(oleh baling-baling atau katakan lah rotor bersayap).
Pasang surut menggerakan air dalam jumlah besar setiap harinya,dan pemanfaatanya dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang cukup besar. Dalam sehari bisa terjadi hingga duankali siklus pasang surut. Oleh karena waktu siklus bisa diperkirakan 9kurang lebih setiap 12,5 jam sekali), suplai listriknya pun relatif lebih dapat diandalkan daripada pembangkit listrik bertenaga ombak.
Pada dasarnya ada dua metodologi untuk memanfaatkan energi pasang surut.
nama: dinda kenanga
kelas:1pa03
npm:12512183
komentar: dengan kemajuan teknlogi yang modern saat ini,manusia dapat menjaga alam untuk kelangsungan hidup manusia untuk masa kini dan masa yang akan datang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s