mitos,legenda,cerita rakyat

Mitos mungkin lebih mirip sesuatu yang sifatnya tahayul atau memang hasil pemikiran manusia saja. Legenda adalah sebuah cerita yang berkisah jaman dahulu dan lebih meberikan kisah mengenai asal usul sesuatu bangunan atau daerah tertentu. Cerita rakyat, sebuah cerita yang masih dipercaya oleh sebagian rakyat yang menempati wilayah tertentu dan diceritakan sampe anak cucu mereka, namun berbeda dengan pengertian wikipedia.

 

Mitos : Sebuah imajinasi dari manusia yang berusaha untuk menerangka gejala alam yang ada pada saat itu. Namun, disebakan oleh keterbatsan manusia dalam menjelaskan hal tersebut sehingga cenderung diidentikkan dengan seorang dewa/dewi. tokoh misteri serta sesuatu yang berbau mistis.

Contohnya:

 

    * Pelangi yang dianggap sebagai jalan bidadari untuk dapat turun ke bumi.

    * Cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias (Sumatra Utara)

    * Cerita barong di Bali.

    * Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali.

    * Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)

    *  Cerita Joko Tarub

    * Cerita Dewi Nawangwulan

    * Dan lain sebagainya.

 

 

 

Legenda : Yakni sebuah ceriata yang dirangkai secara turun temurun dan dipercayai oleh masyarakat karena terbukti secara logis dalam pendeskripsian ceritanya, cenderung mengemukakan kehadiran seorang tokoh yang dikaitkan dengan terjadinya suatu daerah.

Contohnya:

 

    * Tangkuban perahu yang berlokasi di kota Bandung, sebagai hasil perwujudan kemarahan sangkuriang yang telah gagal dalam mewujudkan pinta calon pinangannya yang merupakan ibu kandungnya sendiri.

    * Sangkuriang

    *  La Madukelleng

    *  William Tell

    * Lutung Kasarung

    * Dan lain sebagainya.

 

 

 

Cerita Rakyat : Merupakan suatu peristiwa yang dikisahkan untuk menjelaskan akan terjadinya sesuatu yang ada dimuka bumi ini. salah satu contoh kisah rakyat yakni tangkuban perahu sebagai perwujudan kemarahan sangkuriang yang telah gagal dalam mewujudkan calon pinangannya yang merupakan ibu kandungnya sendiri. Kisah bawang merah dan bawang putih yang telah kita kenal sejak dahulu dapat menjadi salah satu contoh dalam hal ini.

 

    * Malin Kundang

    * Si Pitung

    * Timun Mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s