Manusia dan Keindahan

Image
    Kata keindahan berasal dan kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok,molek, dan sebagainya. Menurut The Liang Gie dalam bukunya “G,a-ris Besar Estetik” (Filsafat Keindahan) dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful”, Perancis “beau”, Italia dan Spanyol “bello”, kata-kata itu ber­asal dari- bahasa Latin “bellum”. Akar katanya adalah ”bonum” yang berarti kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi’ ”bonellum” dan terakhir dipendekkan sehingga ditulis “bellum”.Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indah, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), rumah (halaman, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan pada  manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh).

 Keindahan sebagai Nilai Hakiki

         Sejak zaman Yunani Kuno keindahan telah dipandang sbg nilai hakiki dlm kehidupan manusia. Sebagai nilai, keindahan sesuatu yg abstrak. Sesuatu itu disebut indah karena mempunyai daya pesona. Melalui media / obyek tertentu manusia bisa mangalami apa yang disebut keindahan. Jadi keindahanpun berkaitan erat dg daya2 intelektif / kesadaran manusia.

Perasan keindahan (Sensibilitas Estetis)

 

         Melalui panca indra manusia dapat merasakan sesuatu. Apabila manusia merasakan akan sesuatu itu menyenangkan dan sebagainya timbul perasaan puas. Rasa kepuasan itu lahir setelah perasaan keindahan yang ada pada setiap orang itu bangkit.

keindahan itu ada 2 macam yaitu keindahan dari luar dan keindahan dari dalam keindahan dari luar ialah keindahan yang bisa dilihat oleh mata sedangkan keindahan dari dalam atau yang sering disebut inner beauty adalah keindahan yang tidak tampak dari luar,biasanya keindahan yang dari dalam terlihat dari sifatnya,karakteristik orang tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s